Kejamnya Eksploitasi Sumber Daya Alam


Sudah sepatutnya kita sebagai warga negara Indonesia bersyukur. Karena kita hidup di negara yang memiliki Sumber Daya Alam yang melimpah. Namun dewasa ini mulai muncul beragam masalah mengenai Sumber Daya Alam, salah satunya Eksploitasi. Eksploitasi Sumber Daya Alam di negara kita ini sudah dianggap terlalu berlebihan. Padahal kita juga harus menjaga kelestarian Sumber Daya Alam.

Eksploitasi sendiri merupakan kegiatan pengambilan sumber daya alam untuk dipakai / dipergunakan atau dimanfaatkan dalam berbagai keperluan manusia dalam memenuhi kebutuhannya.  Eksploitasi sumber daya alam yang berlebihan dan mengabaikan lingkungan dapat mengancam keberlanjutan dan ketersediaan sumber daya alam.

Eksploitasi Sumber Daya Alam
Potensi Sumber Daya Alam di Indonesia ini sangat baik untuk dimanfaatkan. Terlebih saat ini kebutuhan manusia semakin bermacam. Sehingga, manusia memiliki ide kreatif untuk memanfaatkan sumber daya alam. Mulai dari kursi, lemari, sampai perhiasan merupakan hasil dari alam yang berguna bagi manusia. Namun sudahkah kita melakukan upaya untuk melestarikannya?

Banjir, dampak dari eksploitasi SDA
Manusia jaman sekarang seakan mementingkan diri sendiri. Mereka memiliki tingkat kesadaran yang rendah akan kelestarian sumber daya alam. Mereka hanya bisa terus menggali dan mengeksploitasi sumber daya alam, tanpa memikirkan penanggulangannya hingga resiko yang akan ditimbulkan. Kebiasaan ini jika terus-menerus dilakukan akan mengakibatkan tidak terawatnya sumber daya alam di negara Indonesia ini. Bahkan tidak menutup kemungkinan pada beberapa waktu ke depan SDA di negara kita ini telah habis. Sehingga generasi selanjutnya tidak akan bisa menikmati SDA tersebut, terutama pada Sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui.

Dampak yang ditimbulkan dari eksploitasi yang berlebihan ini beragam. Namun naasnya, dampak yang ditimbulkan itu tidak menjadikan alam sebagai korban. Tetapi makhluk hidup yang menjadi korbannya, khususnya manusia. Bisa kita lihat bagaimana bencana alam yang beberapa kali menimpa seolah sebagai sebuah protes dari apa yang telah manusia lakukan kepada alam.

Penebangan Hutan besar-besaran
Contohnya saja pada sektor kehutanan. Banyak hutan yang dieksploitasi secara besar-besaran. Sehingga menyebabkan hilangnya fungsi hutan sebagai penutup lahan terhadap air hujan, sehingga menimbulkan banjir. Belum lagi pembangunan sarana-prasarana yang tidak teratur seperti Mall, dsb. tanpa memperhatikan soal daur ulang dan sampah. Akibatnya, polusi dan pencemaran pun tidak terbendung, entah itu pencemaran air, udara, lingkungan, dan sebagainya. Mereka terus saja melakukan pembangunan tanpa menghiraukan lingkungan di sekitarnya, sehingga merusak bumi.

Pemanfaatan SDA dengan baik
Sumber Daya Alam merupakan pemberian dari sang Pencipta. Pemberian itu wajib kita syukuri dengan memanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Namun, kita juga tidak boleh hanya dengan memanfaatkannya saja. Kita juga harus bisa menjaga, merawat dan juga meleslestarikan Sumber Daya Alam, agar bisa diwariskan kepada anak cucu kita kelak.

Banyak cara untuk memanfaatkan Sumber Daya Alam yang terhampar luas di Indonesia ini, misalnya dengan mengeksploitasi Sumber Daya Alam. Namun dalam pelaksanaan eksploitasi sumber daya alam tersebut, tidak dilakukan dengan cara yang ekstrem seperti mengeksploitasi secara ilegal dan berlebiahan. Kita harus melakukan eksploitasi yang baik dan benar. Sehingga tidak hanya mengambil saja, tetapi juga dengan memperbaiki sehingga tidak menimbulkan dampak merusak dan dapat tercipta kelestarian Sumber Daya Alam hingga kelak.

Post a Comment

0 Comments