Android vs iOS, Mana Yang Terbaik?

Iphone atau Android?
Tren ponsel saat ini tidak jauh-jauh dari sistem operasi Android dan iOS. Sistem operasi Android biasa digunakan pada beberapa merk terkenal seperti Samsung, Motorola, HTC, sampai beberapa merk buatan cina seperti Lenovo, Advan, dan lainnya. Jenisnya pun bervariasi mulai dari yang murah sampai yang mahal. Sedangkan iOS hanya digunakan produk keluaran Apple seperti iPhone dan iPad. Lalu diantara keduanya manakah yang terbaik?

Kedua sistem operasi ini mempunyai banyak perbedaan. Dalam melihat beberapa perbedaan diantara keduanya, maka akan terlihat beberapa poin yang membuat kita akan memutuskan mana yang terbaik. Berikut akan saya bahas perbedaan dan karakteristik keduanya.


OS (Operating System)
OS nya sendiri sangat berbeda. Android merupakan open source, jadi bisa dicustom (root) 'jeroannya' sesuka hati. Sedangkan iOS hanya bisa sebatas jailbreak karena os-nya lebih tertutup dan aman.

Antarmuka (Interface)
Antarmuka keduanya sama-sama bagus. Bisa menambahkan widget / shortcut di homescreen. Namun, iPhone lebih simple. Menu-nya sudah terpampang di layar homescreen. Kustomisasinya pun agak terbatas yang justru bisa bikin bosan. Beda dengan android, android bisa menggunakan launcher aplikasi ketiga sehingga dapat mengatur homescreen sesuka hati dengan berbagai efek yang menarik dan tentunya tidak bikin bosan.

Desain
Desain Android sangat bervariasi, karena tergantung dari handphone / tablet-nya. Mulai dari desain persegi panjang sampai desain ala Blackberry (terdapat keyboard qwerty). Rata-rata berbahan dasar plastik. Sedangkan iOS desainnya simple (tahu sendiri kan desain khas-nya). Namun desain iPhone / iPad lebih berkesan elegan karena berbahan dasar kaca.

Aplikasi & Games
Keduanya sama-sama memiliki banyak aplikasi & games. Pada android, aplikasi dan gamesnya lebih banyak yang gratis namun tetap ada yang berbayar. Beda dengan iOS, aplikasi & gamesnya banyak yang berbayar. Namun tentunya lebih berkualitas.

iPad atau Galaxy Tab ?
Fitur
Fitur di Android lebih bergantung pada handphone/tablet-nya. Pada perangkat Android yang mahal, biasanya menyediakan fitur yang keren seperti kamera 8 MP sampai olah audio yang jernih. Pada iOS, fitur yang ditawarkan juga bagus. Mulai dari FaceTime hingga iTunes. Kehadiran iTunes ini sangat patut diapresiasi mengingat saat ini banyak yang mendownload lagu/album secara ilegal. Dengan iTunes ini, kita bisa membeli lagu/album idola kita secara digital (biasanya Rp. 7rb/lagu).

Transfer File
Transfer file di Android sangat mudah. Pilihannya pun banyak mulai dari USB sampai Bluetooth. Penggunaannya pun tidak ribet. Beda lagi untuk perangkat iOS. Bluetooth-nya tidak berfungsi sebagai pemindahan file. Lewat USB pun harus menginstal aplikasi dahulu. Ribet bener!!

Di Mata Masyarakat
Perangkat Android di mata masyarakat merupakan yang paling bersahabat. Bagaimana tidak? Dari kalangan bawah sampai kalangan atas banyak yang menggunakan Android. Ini karena ponsel/tablet Android banyak variannya mulai dari yang murah sampai mahal. Sedangkan iOS di mata masyarakat dianggap sebagai perangkat kelas atas. Coba saja tanya soal iPhone / iPad, pasti mereka tidak lebih dan tidak kurang akan berkata "Wah mahal tuhh!!".

Harga
Seperti yang telah dijelaskan, Android lebih banyak macamnya. Untuk fitur pas-pasan, harganya terjangkau, sedangkan fitur kelas atas harganya mahal. Tinggal pilih saja ingin yang mana. Untuk perangkat iOS sudah pasti mahal. Namun tentunya memiliki spek tinggi dan tentunya lebih berkualitas.
iOS atau Android ?
Setelah diulas, ternyata keduanya memiliki karakteristik yang berbeda. Keduanya merupakan simbol teknologi masa kini. Jika iOS identik dengan kalangan atas, Android lebih 'merangkul' masyarakat dari berbagai segmen. Keduanya tidak ada yang sempurna. Namun, keduanya memiliki fitur yang patut diapresiasi. Misalnya, fitur iTunes pada iOS. Tinggal bagaimana kita memilihnya. Saran saya, pilihlah sesuai kebutuhan anda...

Post a Comment

1 Comments