Selfie, Fenomena Populer Masa Kini


Selfie dulu ahh !!
 
Siapa yang tidak tahu Selfie? Anak muda masa kini yang aktif di jejaring sosial sudah pasti tahu. Selfie merupakan gaya foto sendiri dan diambil sendiri, entah itu dengan menggunakan kamera digital, SLR, atau kamera ponsel. Dalam mengambil foto selfie ini, pelaku tidak membutuhkan orang lain untuk memotret. Pelaku selfie akan memegang ponsel berkamera dengan salah satu tangannya dan mengarahkan lensa ke bagian yang ingin difoto, dan Cheese...

Selfie Artis Hollywood
Selfie ini sendiri sebenarnya bukanlah merupakan fenomena baru, namun sudah lama berkembang dan menjadi sesuatu yang umum di masyarakat. Saat ini pun selfie sudah menjadi budaya dimana-mana, tak terkecuali negara kita. Meski saat ini selfie sudah identik dengan anak muda, namun nyatanya mulai dari anak muda, orang tua, artis hingga pejabat negeri ini tak luput untuk berlomba-lomba ber-selfie-ria di hadapan lensa kamera. Di setiap jejaring dunia maya, kita akan banyak menemukan gaya berfoto selfie. Mulai dari gaya alay, sampai gaya yang cool dan kece..

Selfie Zayn Malik dan Dijah Yellow. Mana yang keren?

Selfie dan Narsisme
Lalu apa hubungan selfie dan narsis? Selfie sendiri merupakan bagian dari narsis. Sedangkan narsis atau narsistik adalah prilaku mencintai diri sendiri yang berlebihan. Karena narsisme ini terwujud dalam beberapa perilaku seperti memaerkan barang-barang miliknya dan selalu merasa paling unggul. Sedangkan selfie sendiri hanya sekedar perilaku memotret diri sendiri. 

Beda Selfie Dahulu dan Sekarang
Selfie saat ini sudah menjadi budaya khususnya di kalangan remaja. Selfie sudah ada sejak jaman dahulu. Hanya saja ada beberapa perbedaan. Mulai dari cara mengambilnya, alat yang digunakan sampai hasil fotonya.
Selfie Jadul: Personil The Beatles pun selfie
Pada jaman dahulu, mengambil foto selfie tidak semudah sekarang. Pelaku harus menyiapkan kamera (saat itu ukuran kamera masih besar) dan roll film. Ribet? Tentu saja. Bandingkan dengan jaman sekarang yang sudah sangat canggih. Mengambil foto selfie sudah sangat mudah. Alat yang digunakan juga sudah semakin banyak mulai dari kamera biasa sampai ponsel / smartphone berkamera dengan dukungan memori yang besar. Di ponsel, pelaku hanya membuka aplikasi kamera dan potret deh. Hasilnya pun bervariasi karena sudah disediakan efek (contoh: aplikasi Camera360).
Realita dan Pencitraan
Sayangnya beberapa orang menggunakan sarana selfie ini menjadi pencitraan pelakunya. Yang tidak jauh dari penipuan. Mulai dari wajah yang dibuat menjadi bersih dan putih, membuat pipi terlihat tirus, mengulang-ulang sampai mendapat selfie terbaik guna mempesona lawan jenis. Tidak hanya perempuan, lelaki pun turut melakukannya.

Selfie ini merupakan kegiatan yang menarik. Selfie dirasa sangat wajib untuk mengabadikan momen entah saat sendiri, bersama kawan-kawan atau keluarga. Namun beberapa menjadikan selfie sebagai sarana pencitraan diri. Dan itu tidak lebih dari menipu karena hasil kamera dan dunia nyata bagai bumi dan langit. Terlepas dari itu, selfie akan selalu menjadi kegiatan menarik bagi semua kalangan. Let me take a selfie!

NB : Jangan Selfie Seperti Gambar di Bawah Ya..

Post a Comment

1 Comments