Inilah Kebiasaan Masyarakat Indonesia dalam Membeli Smartphone

https://d26bwjyd9l0e3m.cloudfront.net/wp-content/uploads/2017/09/Daftar-Harga-Smartphone-Featured-Image.jpg
Sumber: cloudfront.net
Saat ini, smartphone sudah menjadi sebuah kebutuhan bagi setiap orang. Tak terkecuali bagi masyarakat Indonesia. Dengan smartphone, kita bisa melakukan banyak hal. Tidak hanya sekedar berkomunikasi dengan orang lain, tetapi juga dapat digunakan sebagai media hiburan

Masyarakat Indonesia merupakan pasar menjanjikan bagi industri smartphone. Penjualan smartphone di Indonesia pun tak kenal lesu. Namun, masyarakat Indonesia memiliki kebiasaan yang ternyata bermacam-macam dalam membeli smartphone. Ini berkaitan dengan selera dan minat dari masyarakatnya masing-masing terhadap smartphone yang akan dibeli. Berdasarkan riset DailySocial : Smartphone Buying Decision (2018), berikut beberapa kebiasaan masyarakat indonesia dalam membeli smartphone :

1. Ganti Smartphone baru Tiap Tahun
Grafik 1: Kapan terakhir kali responden mengganti smartphone? (Sumber: DailySocial)
Masyarakat Indonesia ternyata gemar mengganti smartphone mereka rata-rata tiap 1 tahun. Biasanya, pada smartphone low-end lebih potensial untuk dibeli karena harganya yang ekonomis. Sehingga, masyarakat Indonesia tidak keberatan secara finansial jika hendak mengganti smartphone.

Grafik 2: Tingkat kepuasan responden terhadap smartphone yang digunakan saat ini (Sumber: DailySocial)
Meski begitu, berdasarkan grafik diatas dapat dilihat bahwa masyarakat Indonesia masih cukup puas dengan smartphone yang sedang dimiliki saat ini.

2. RAM Besar Paling Digemari
Grafik 3: Fitur yang Menjadi Pertimbangan dalam memilih Smartphone (Sumber: DailySocial)
Pertimbangan utama bagi masyarakat Indonesia dalam membeli smartphone adalah kapasitas RAM. Masyarakat Indonesia percaya dengan semakin besar RAM, semakin cepat dan handal kinerja smartphone. Belum lagi, kampanye dari tiap brand smartphone yang terus menjanjikan smartphone 'anti-lemot' dengan menyuguhkan kapasitas RAM diatas 3 GB atau lebih.

Grafik 4: Kapasaitas RAM smartphone yang digunakan responden (Sumber: DailySocial)
Smartphone yang sedang digunakan oleh masyarakat Indonesia sampai saat ini mayoritas memiliki kapasitas sebesar 2-4 GB. Lalu disusul oleh pengguna smartphone dengan kapasitas RAM dibawah 2 GB.

3. Harga Tetap Jadi Pertimbangan
Smartphone tersedia dari level low-end yang murah meriah sampai pada high-end yang mahal. Pada akhirnya, masyarakat Indonesia memutuskan pembelian smartphone dengan menyesuaikan budget yang dimiliki. Berdasarkan grafik 3, harga masih menjadi pertimbangan dalam memilih smartphone setelah kapasitas RAM.
Grafik 5: Harga Smartphone yang digunakan responden (Sumber: DailySocial)
Rata-rata smartphone yang sedang dimiliki oleh masyarakat Indonesia adalah smartphone dengan harga dibawah 3 juta rupiah. Disusul dengan pengguna smartphone dengan harga antara 3-6.5 juta rupiah.

4. Baterai Badak Masih Diincar
Berbagai brand berlomba-lomba menawarkan kapasitas baterai yang besar. Dengan begitu, dapat meminimalisir kegiatan charging smartphone. Masyarakat masih mempertimbangkan soal kapasitas baterai dalam membeli smartphone. Meski begitu, dalam grafik 3, membuktikan bahwa pertimbangan soal kapasitas baterai masih dibawah kapasitas RAM dan harga smartphone.
Grafik 6: Kapasitas baterai smartphone yang dimiliki responden (Sumber: DailySocial)
Berdasarkan survey DailySocial, smartphone yang dimiliki masyarakat Indonesia mayoritas memiliki kapasitas baterai sebesar 3.000 mAh-4.000 mAh.

Berdasarkan empat kebiasaan diatas, dapat dilihat bahwa masyarakat menginginkan smartphone yang terbaik untuk dimiliki dan digunakan. Tentu saja ini dipengaruhi preferensi mereka dan juga harga dari smartphone itu sendiri. Dari data survey DailySocial.id, masyarakat Indonesia mempertimbangkan 3 hal utama yaitu; kapasitas RAM, harga, dan baterai. Dengan harapan supaya mendapatkan smartphone yang lebih baik dari yang dimiliki sebelumnya. Mayoritas masyarakat Indonesia gemar mengganti smartphone nya pada tiap tahunnya. Meski begitu, masyarakat Indonesia cukup puas dengan smartphone yang sedang digunakan saat ini.

Post a Comment

0 Comments