7 Alasan Mengapa Anda Harus Naik Suroboyo Bus


Sumber: Instagram @suroboyobus
Enam bulan sudah Suroboyo Bus beroperasi. Layanan transportasi ini diluncurkan oleh Walikota Surabaya, Tri Rismaharini pada tanggal 7 April 2018. Suroboyo Bus kini menjadi salah satu transportasi bis yang diminati penumpang di kota Surabaya. Apalagi dengan cara pembayarannya yang unik. Yaitu, hanya dengan menukarkan sampah botol plastik dengan 1 tiket perjalanan. Dan 1 tiket perjalanan ini berlaku hingga 2 jam perjalanan. Anda wajib mencoba layanan bis unik yang satu ini jika sedang berada di Surabaya. Mengapa? Ini dia tujuh alasan mengapa anda wajib mencoba Suroboyo Bus ;

1. Aman dengan Kamera CCTV
Sumber: Dokumentasi pribadi
Tidak perlu lagi takut barang-barang anda akan dicopet selama perjalanan. Di Suroboyo Bus ini, sudah terpasang beberapa kamera CCTV dengan di berbagai sudut. Total ada 12 kamera CCTV di bagian dalam, dan 3 kamera CCTV di bagian luar. Dengan begitu, penumpang akan merasa aman selama berada di dalam bis.

2. Area Khusus Wanita
Sumber: Dokumentasi pribadi
Untuk mencegah dan meminimalisir tindak pelecehan seksual oleh pihak tak bertanggung jawab, pemkot memberikan area khusus bagi penumpang perempuan. Pada kursi bagian depan berwarna merah muda dikhususkan bagi kaum hawa. Sedangkan pada kursi bagian belakang berwarna orange untuk umum yang bisa dipakai oleh baik laki-laki maupun perempuan.

3. Ramah bagi Difabel, Ibu Hamil, dan Lansia
Gambar terkait
Sumber: travelingyuk.com
Di bagian depan selain terdapat area khusus wanita, juga disediakan 4 kursi berwarna merah untuk prioritas. Kursi ini dikhususkan bagi penyandang difabel, ibu hamil, lansia, dan ibu menyusui. Disediakan pula tombol khusus dekat pintu masuk. Jika tombol ditekan, petugas akan membantu penyandang difabel masuk ke dalam bus.

4. Bersih Setiap Hari
Sumber: Instagram @suroboyobus
Demi kenyamanan penumpang, Suroboyo Bus selalu dijaga kebersihannya. Setiap akan memulai perjalanan dari rute pertama, bis ini terlebih dahulu dibersihkan. Setelah selesai, pintu bis pun dibuka dan penumpang bisa langsung masuk. Selain itu supaya tetap bersih di sepanjang perjalanan, diberlakukan peraturan bagi penumpang untuk tidak makan dan minum di dalam bis. Ini untuk mencegah kotor dan bau di dalam bis.

5. Wajib Bawa Sampah Plastik
Sumber: Dokumentasi pribadi
Supaya bisa naik Suroboyo Bus, cukup pilih salah satu dari ketentuan sampah plastik berikut :
    • 10 gelas plastik air mineral (240 mililiter)
    • 5 botol tanggung air mineral (600 mililiter) 
    • 3 botol besar air mineral (1500 mililiter)
      Sumber: Dokumentas pribadi
      Sampah plastik yang dibawa bisa ditukarkan langsung dengan 1 buah tiket oleh petugas yang ada di dalam Suroboyo Bus. Selain itu, juga bisa memakai kartu setor sampah yang bisa didapatkan di Terminal Purabaya atau Halte Rajawali. “Sampah plastik yang disetor nantinya akan ditangani oleh Dinas Kebersihan untuk dikelola kembali” ujar salah satu petugas di Terminal Purabaya. Harus diingat, petugas tidak akan menerima pembayaran selain dengan sampah plastik.

      6. Selalu Update lewat Instagram
      Suroboyo Bus memiliki akun Instagram yaitu @suroboyobus. Di akun instagramnya, Suroboyo Bus selalu memberikan update terbaru mengenai Suroboyo Bus. Misalnya, adanya perubahan rute yang disebabkan adanya penutupan jalan oleh sebuah event. Selain update informasi, akun @suroboyobus juga menampilkan berbagai info lengkap tentang Suroboyo Bus. Mulai dari cara naik bus, jam operasi, rute dan halte, sampai testimoni penumpang.

      7. Pantau Posisi Bis di Smartphone
      Hasil gambar untuk GoBis suroboyo
      Sumber: beautynesia.com
      Dengan aplikasi GoBis Surabaya, anda bisa langsung memantau halte terdekat. Selain itu, anda juga bisa memantau posisi bis terdekat. Sehingga, anda tidak akan kebingungan mencari tahu posisi bus. Untuk sementara ini, aplikasi GoBis Surabaya hanya bisa diunduh di smartphone berbasis Android.

      Suasana Suroboyo Bus di Terminal Purabaya






      Post a Comment

      0 Comments