Baur Sedalu Komunikasi: Ospek Asyik, Tetap Mendidik


Ospek (Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus) sampai saat ini masih menjadi 'momok' bagi para mahasiswa yang baru saja diterima di sebuah universitas. Pada masa lalu, masa orientasi dan pengenalan kampus ini memang dikenal banyak meninggalkan cerita yang membuat bulu kuduk berdiri. Mulai dari beragam tugas yang aneh, hingga perlakuan dari para senior kepada mahasiswa baru. Inilah nampaknya yang membuat mahasiswa baru menjadi was-was, cemas, dan ketakutan. Padahal, masa ospek sendiri sebenarnya penting bagi mahasiswa. Di masa ospek, mahasiswa baru akan belajar memahami lingkungan kampus, memberikan pemahaman awal, hingga mempererat rasa persaudaraan antar mahasiswa.

Baur Sedalu Komunikasi atau biasa disingkat BSK adalah serangkaian kegiatan ospek untuk menyambut mahasiswa baru jurusan Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Airlangga. Bisa dibilang, Baur Sedalu Komunikasi ini merupakan ospek yang berbeda. Ini dikarenakan kegiatan ospek ini dikemas jauh dari kesan 'kaku'. Semua rangkaian acara dikemas dengan asyik tanpa harus menghilangkan nilai edukatif dari ospek itu sendiri.

BSK untuk mahasiswa baru angkatan 2018 pun sukses dilaksanakan sepanjang Agustus-September tahun ini. Acara ini dimulai dengan Welcoming Maba, Pengenalan Departemen, Pra-BSK, Komsiklopedia, Pra-BSK 2, Jelajah HIMA, Commrace, sampai puncak acaranya yaitu Makrab (Malam Keakraban). Para maba ini juga mendapat beberapa tugas, salah satunya adalah Tugas Wawancara Kating (Kakak Tingkat). Maba diharuskan melakukan wawancara dengan angkatan diatasnya lalu hasilnya wawancara ditulis di buku. Tak hanya sekedar wawancara, para maba diwajibkan untuk berfoto sebagai bukti bahwa para maba sudah melakukan wawancara dengan kating. Ini bertujuan supaya maba ilmu komunikasi dapat lebih mengenal dan akrab dengan angkatan-angkatan prodi ilmu komunikasi yang terdahulu. Selain itu, ada juga tugas kelompok yang berkaitan dengan jelajah hima.
Saat saya diwawancarai oleh adik tingkat Ilmu Komunikasi Unair 2018
Tidak hanya rangkaian acaranya yang menarik, namun cara sosialisasinya juga tak kalah menarik. Instagram menjadi media dimana panitia BSK 2018 dapat memberikan informasi terkait rangkaian kegiatan Baur Sedalu Komunikasi, informasi mengenai jadwal BSK, informasi mengenai tugas untuk maba, hingga dokumentasi foto pada setiap acara BSK. Menariknya lagi, panitia BSK 2018 memposting teaser yang bertema 'video game' sebelum kegiatan BSK dimulai.


Baur Sedalu Komunikasi (BSK) merupakan rangkaian acara ospek yang berbeda dan menarik. Mulai dari rangkaian acara, hingga cara sosialisasinya yang tidak kaku membuat BSK menjadi ospek yang asyik. Tidak sekedar asyik, namun para maba Ilmu Komunikasi Unair juga mendapatkan nilai dari ospek itu sendiri. Ini membuktikan bahwa ospek tidak selalu menakutkan, karena BSK telah membuktikannya.

Post a Comment

0 Comments