Path, Jejaring Sosial Anak Muda Masa Kini

Semakin hari, semakin banyak saja bermacam jejaring sosial. Belum lagi kalau sudah dengar "Jejaring Sosial" pasti akan dikaitkan dengan anak muda. Dan memang begitulah faktanya. Apakah anda seorang yang aktif di jejaring sosial? Nah, jangan mengaku "gaul" kalau anda tidak tahu jejaring sosial yang sedang menjamur di kalangan remaja masa kini, yaitu Path.

Apa sih Path itu?
Path adalah aplikasi jejaring sosial yang cara kerjanya mirip cara kerja Twitter dan Instagram. Seperti halnya jejaring sosial pada umumnya, Path memungkinkan penggunanya untuk berbagi foto, video dan pesan. Pada saat diluncurkan, aplikasi ini digadang memiliki fitur yang menyenangkan yang diklaim lebih asik dari Facebook. Meskipun belum tenar seperti Facebook, nyatanya Path telah menarik banyak peminat.

Setelah banyak mengalami perkembangan, Path memungkinkan pengguna untuk tidak hanya berbagi foto dan video, tetapi juga lokasi, judul lagu, serta pikiran Anda dan info ketika Anda sedang tidur atau terjaga. Meski mengalami beberapa perkembangan, tujuan utama Path tetap sama, yaitu untuk menjadi sebuah jurnal kehidupan yang dapat digunakan untuk berbagi semua saat yang berbeda dan berharga dengan orang-orang terdekat Anda. Dengan pembatasan jumlah pertemanan yang hanya 150, Path justru terlihat eksklusif dan dianggap sebagai jejaring sosial yang ideal untuk bersosialisasi dengan kerabat dan teman dekat.

Pada awalnya, Path hanya khusus digunakan untuk pengguna iOS, namun sekarang telah dikembangkan untuk bisa digunakan oleh pengguna Android. Bahkan Path telah berancang-ancang untuk merambah dunia Blackberry. Bahkan aplikasi Path hadir dengan 12 varian bahasa, yaitu Inggris, Belanda, Cina, Italia, Jepang, Jerman, Korea, Perancis, Portugal, Rusia, Spanyol, dan Swedia.

Apa saja fitur-fitur Path?

Path merupakan jejaring sosial yang sangat khas. Path ini seakan merupakan hasil perkawinan antara Twitter dan Instagram. Sehingga memiliki fitur yang khas. Berikut beberapa fitur dari jejaring sosial Path.

Profil
Fitur ini memungkinkan user untuk mengatur tampilan halaman Path-nya seperti mengunggah avatar, mengubah latar belakang halaman, mengunggah momen. Momen-momen tersebut juga dapat dihubungkan dengan jejaring sosial lain seperti facebook, twitter, foursquare dan tumblr.

Mengunggah foto, video, dan lokasi
Pengguna dapat mengupload foto maupun video dari ponselnya atau mengambil secara langsung. Untuk mengunggah lokasi fitur ini dapat disambungkan dengan jejaring sosial forusquare dengan penandaan menggunakan GPS.

Tidur
Fitur ini menandakan bahwa si pengguna sedang tidur dan dapat jangka waktu dari saat tombol tidur ditekan sampai tombol bangun ditekan.

Terlihat
Dari fitur ini pengguna dapat mengetahui seberapa banyak pengguna lain yang melihat momen yang diunggahnya.

Musik, Film, Buku
Anda dapat berbagi tentang musik yang sedang anda dengarkan, film dan buku-buku apa saja yang menjadi favorit anda.

Menulis Status dan Komentar
Fitur yang satu ini sudah sangat umum. Seperti halnya pada jejaring sosial pada umumnya, mengunggah status dan berkomentar pada momen yang diunggah teman dapat Anda lakukan pula di Path.

Mengirim Pesan kepada Pengguna Lain
Fitur ini merupakan salah satu fitur terbaru Path di mana pengguna dapat mengirim pesan secara pribadi kepada pengguna lain. Pengguna yang akan menerima pesan tentunya harus terlebih dahulu menjadi teman dari pengguna. Pesan pribadi ini dapat menggunakan huruf, emoticon maupun stiker yang dapat didapatkan dari fitur belanja.

Dengan menjamurnya berbagai macam jejaring sosial, Path adalah salah satu yang layak untuk anda coba. Path menjadikan berbagi momen lebih mudah dan lebih interaktif. Tidak salah memang kalau jejaring sosial yang satu ini menjadi eksis di kalangan remaja. Belum punya? Download saja!. Dan rasakan sensasi memiliki Jurnal Pribadi di genggamanmu!

Post a Comment

1 Comments