Evolusi Nokia : Dari Body Bongsor hingga Windows Phone


Evolusi Nokia!
 
Jangan mengaku anda tidak tahu merk handphone yang satu ini! Ya, Nokia. Merk yang satu ini sudah sangat lekat di dunia telepon selular atau biasa disebut ponsel. Meskipun harus diakui untuk saat ini sudah merupakan era-nya Samsung bersama sistem operasi Android, sehingga Nokia seakan terinjak popularitasnya oleh ponsel android. Namun pengaruhnya terhadap dunia telepon genggam sangat sulit diabaikan. Popularitasnya saat itu seakan masih tidak sebanding dengan ponsel android masa kini. Nah, postingan kali ini akan membahas mengenai evolusi handphone Nokia dari jaman dulu hingga sekarang ini (sekalian nostalgia hehe).. Cekidott!

1. Nokia Mobira Senator (1982)
Nokia-mobira-senator
Ini merupakan ponsel pertama dari Nokia. Bentuknya mirip radio ya? Eits, tapi ini ponsel loh! Ponsel ini menggunakan jaringan NMT dengan berat sekitar 10 kg. Sangat tidak praktis ya? hehe..

2. Nokia Mobira Cityman (1987)
Dilihat dari body-nya, yang ini lebih praktis dari mobira senator. Handphone ini saat dirilis harganya mencapai USD 5.456 alias sekitar 66 juta rupiah. Dan pastinya, lebih ringan dari mobira senator.

3. Nokia 1011 (1992)
Ponsel ini merupakan yang pertama menggunakan jaringan GSM. Merupakan ponsel candy-bar pertama yang bentuknya pun semakin terlihat ramping. Dan ponsel ini digadang-gadangkan sebagai pembuka pintu ke ponsel modern loh.


4. Nokia 2110 (1994)
Dalam peluncurannya, ponsel ini mendapat banyak pujian terutama pada software-nya. Handphone ini merupakan yang pertama terdapat ringtone khas nokia (masih pada inget kan?). 2110 ini juga bisa menyimpan alamat bahkan ada juga game klasik nokia, Snake. Hmm, jadi kangen main snake hehehe.

5. Nokia 9000 Communicator (1996)
Nah yang satu ini revolusioner di masanya. Memiliki fasilitas email, browsing web, fax, word. Inget ya, ini jauh sebelum era blackberry menyerang. Saat itu harganya sekitar 10 juta rupiah.

6. Nokia 3210 (1999)
Ponsel ini sudah menggunakan antena internal. Dirilis dalam berbagai warna. Sudah terfasilitasi pesan gambar dan tambahan ringtone. Dan merupakan salah satu ponsel nokia yang paling laris loh.

7. Nokia 3650 (2002)
Ponsel ini canggih pada masanya, karena sudah bisa merekam video. Dan juga merupakan ponsel pertama yang menggunakan sistem operasi khas nokia yaitu Symbian.

8. Nokia N-Gage / N-Gage QD (2003)
Nokia N Gage QD
Hayoo para gamers tahun 2005 kebawah pasti tahu ponsel ini. N-Gage ini dikhususkan bagi para gamers, bisa dilihat dari body-nya sampai game bawaannya. Remaja saat itu gak akan dianggap gaul kalau tidak punya N-Gage ini.

9. Nokia 7610 (2004)
Nah, pasti dulu kalian menginginkan hp ini atau ada yang sudah  pernah pakai..Ngaku aja!! Yang ini merupakan Nokia pertama dengan kamera sebesar 1 megapixel (saat itu sudah sangat keren bro!). Body-nya yang stylish dan unik seperti daun ini pun menjadi daya tarik tersendiri.

10. Nokia 3250 (2005)
Ponsel ini merupakan ponsel nokia yang dikhususkan bagi pecinta musik. Masih ingat kan bentuknya? Yang keypadnya bisa diputar itu tuh.

11. Nokia N70 (2005)
Inilah ponsel N-Series Nokia yang pertama. Saat itu benar-benar booming karena sudah memiliki kamera depan untuk ber-video call-ria lewat jaringan 3G. Selanjutnya disusul ponsel seri N yang lain.

12. Nokia E63 (2008)
Ini salah satu nokia dengan keypad qwerty yang laris pada masanya (saat itu blackberry masih kurang bergaung). Saat pertama kali dirilis, harganya mencapai 3 juta rupiah. Saat itu menggenggam ponsel ber-body lebar ini dianggap keren.

13. Nokia N8 (2010)
Merupakan ponsel dengan kamera beresolusi tinggi yakni sebesar 12 megapixel dengan lampu flash xenon. Ponsel ini juga bisa merekam video berkualitas HD loh. Layar touchscreen-nya juga sudah multi-touch.

14. Nokia Lumia 800 (2011)
kelebihan dan kekurangan nokia lumia 800
Disaat ponsel Android, iPhone, hingga Blackberry terus menyerbu pasar, Nokia bertindak lain. Nokia merilis debutnya bersama Microsoft yang menghasilkan Windows Phone terbaru, yakni Lumia 800. Meski begitu, ponsel ini tidak bisa bersaing dengan ponsel Android yang masih mewabah hingga saat ini.


Well, boleh saja saat ini bukan lagi jamannya Nokia. Tapi, bila kita kilas balik, Nokia selalu meluncurkan ponsel-ponsel yang inovatif dan unik. Saat itu, Nokia sangat besar kejayaannya. Seolah tiada lagi brand ponsel yang lain selain Nokia. Namun kejayaan itu pun perlahan turun saat Android mulai mewabah. Meski begitu, sampai saat ini nyatanya masih banyak yang mencari ponsel Nokia yang sudah bekas pakai. Akankah Nokia dapat kembali mengulang kejayaannya di masa depan? We'll see..

Post a Comment

2 Comments